Oleh-Oleh Khas Jakarta yang Unik, Ini 6 Opsinya!

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke satu daerah tanpa membawa pulang oleh-oleh untuk keluarga dan orang terdekat yang menantikan kepulangan kita. Oleh-oleh sendiri dalam budaya masyarakat Indonesia seperti telah menjadi peraturan tak tertulis. Jadi setidaknya ada hal kecil yang bisa dijadikan buah tangan. Sama seperti ketika Anda berlibur ke Jakarta, oleh-oleh khas Jakarta juga jadi satu hal wajib lain yang dibawa pulang.

Oleh-oleh sendiri identik dengan makanan khas, benda khas, atau sesuatu yang dapat mengingatkan seseorang akan satu tempat. Lalu apa oleh-oleh khas Jakarta? Apakah foto-foto di tempat yang Instagramable? Atau justru barang-barang branded yang dibeli di mall modern?

Sebenarnya jawaban dari pertanyaan tersebut justru bisa dilihat dari budaya asli Jakarta sendiri, yang juga memiliki produk-produk otentik yang tak ditemukan di tempat lain.

Kebaya Betawi, Oleh-Oleh Khas Jakarta Asli

Jika kebaya dari Jawa Tengah atau Yogyakarta memiliki warna dominan gelap, maka kebaya Betawi menawarkan nuansa warna yang lebih cerah. Perpaduan warna-warna yang lebih terlihat ceria dan muda jadi ciri khas utamanya, selain potongan kain yang jauh lebih sederhana. Kebaya asli Betawi ini bisa jadi oleh-oleh khas Jakarta yang Anda berikan pada orang terdekat Anda.

Sebelum membelinya, pastikan tempat Anda mendapatkan kebaya Betawi ini benar-benar direkomendasikan banyak orang dan memiliki review yang baik. Sederhana, agar Anda mendapatkan produk yang berkualitas dan benar-benar otentik.

Cindera Mata Mungil

Tak lengkap rasanya jika bepergian ke Jakarta, atau mungkin kota dan destinasi wisata lain, tanpa membeli pernak-pernik oleh-oleh khas yang lucu. Barang-barang seperti gantungan kunci, boneka kecil, atau miniatur icon dari Jakarta bisa jadi oleh-oleh yang menarik. Anda bisa mendapatkan barang-barang ini dengan mudah di toko cinderamata yang ada di objek wisata seperti Monas atau Kota Tua.

Boneka ondel-ondel, gantungan kunci, miniatur bajaj, miniatur Patung Dirgantara, atau justru miniatur Monumen Nasional, akan jadi oleh-oleh yang berkesan ketika diberikan pada orang-orang yang menantikan kepulangan Anda.

Kembang Goyang

Makanan juga sebenarnya bisa jadi opsi menarik. Namun Anda harus cermat untuk memilih makanan-makanan yang tak rusak ketika dibawa dalam perjalanan. Misalnya, seperti makanan yang basah atau cepat busuk. Lebih direkomendasikan makanan-makanan kering seperti kembang goyang ini atau makanan lain yang kadaluarsanya masih cukup lama.

Kembang goyang sendiri merupakan kue dengan tekstur yang renyah dan memiliki rasa manis dan gurih. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di pusat jajanan dengan berbagai rasa, mulai yang original, hingga yang sudah memiliki rasa tambahan seperti coklat, vanila, dan sebagainya.

Tape Uli, Oleh-Oleh Khas Jakarta untuk Jarak Dekat

Karena merupakan makanan basah yang tidak memiliki daya tahan penyimpanan yang lama, oleh-oleh khas Jakarta ini lebih direkomendasikan untuk Anda yang berjarak tak jauh dari ibu kota. Dengan proses fermentasi menggunakan ragi yang dicampur beras ketan hitam, rasa dari tape uli ini semakin mantap ketika dipadukan dengan uli yang terbuat dari ketan putih.

Biasa dijajakan oleh penjual keliling, Anda bisa mendapatkannya dengan harga yang terjangkau untuk ukuran oleh-oleh khas. Jangan ditawar ya, agar Anda juga turut membantu perekonomian penjual tape uli agar bisa menafkahi keluarganya.

Celana Betawi, Otentik dan Khas

Oleh-oleh lain yang tidak berbentuk makanan bisa jadi alah celana Betawi. Well sebenarnya celana Betawi merupakan celana berbahan katun dengan motif batik saja. Namun celana ini sangat nyaman digunakan dan mudah menyerap keringat, jadi dijamin Anda akan selalu merasa sejuk jika menggunakan celana ini.

Harga celana ini sendiri juga tak mahal, jadi Anda bisa membeli dalam jumlah banyak untuk dibagikan pada orang-orang di rumah ketika Anda pulang dari Jakarta.

Dodol Betawi, Makanan Khas yang Unik

Perpaduan antara ketan hitam, ketan putih, dan durian menciptakan rasa unik pada produk makanan khas Betawi ini. Bisa menjadi opsi oleh-oleh khas Jakarta untuk dibawa pulang dengan jarak yang cukup jauh, Anda tak perlu khawatir dodol ini rusak karena makanan ini tidak mudah basi.

Menyiapkan oleh-oleh khas Jakarta ketika Anda akan kembali dari liburan memang penting agar orang-orang di rumah juga turut merasakan kebahagiaan Anda selama di Jakarta. Namun demikian, dalam melakukan perjalanan Anda juga wajib menerapkan protokol kesehatan khusus, dan menaati semua aturan masuk dan keluar Jakarta.

Demikian tadi sedikit informasi singkat mengenai oleh-oleh khas Jakarta. Jika Anda ingin mencari artikel menarik lain, Anda bisa mengunjungi Indonesia Travel secara langsung dan mendapatkan akses ke banyak artikel tujuan wisata lainnya.